Blogger Pages

Jumat, 31 Maret 2017

KATALIS


PENGARUH KATALIS TERHADAP LAJU REAKSI

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat laju reaksi adalah dengan menambahkan katalis. Penambahan zat yang berperan sebagai katalis memungkinkan suatu reaksi berlangsung meskipun energi yang di dapat sedikit.

1. PENGERTIAN KATALIS
    
Katalis merupakan zat yang dapat mempercepat laju reaksi tanpa mengalami perubahan kimia secara permanen, sehingga di akhir reaksi zat tersebut dapat diperoleh kembali. 
Katalis berperan meningkatkan laju reaksi tetapi pada akhir reaksi, katalis tetap seperti keadaan semula. Karena itulah katalis seakan-akan tidak ikut bereaksi. Pada kenyataannya katalis ikut serta dalam proses reaksi tetapi tidak mempengaruhi hasil akhir reaksi.

2. JENIS-JENIS KATALIS

Berdasarkan fasenya katalis di bedakan menjadi :

a. Katalis Homogen

Katalis homogen adalah katalis yang satu fase dengan zat yang dikatalisis. Katalis tersebut sering disebut sebagai senyawa antara. Katalis homogen umumnya bereaksi dengan satu atau lebih pereaksi untuk membentuk suatu perantara kimia yang bereaksi dan membentuk produk akhir, dalam suatu proses yang memulihkan katalis itu sendiri

b. Katalis Heterogen

Katalis heterogen adalah katalis yang tidak satu fase dengan zat-zat reaktan. Katalis tersebut memiliki fase yang berbeda dengan zat pereaksi dalam reaksi yang dikatalisis.

Berdasarkan cara bereaksinya katalis dibedakan menjadi :

a. Katalis Aktif

Katalis aktif merupakan katalis yang ikut terlibat langsung dalam suatu reaksi dan pada akhir reaksi katalis tersebut terbentuk kembali seperti awalnya.

b. Katalis Pasif

Katalis pasif merupakan katalis yang tidak terlibat langsung dalam reaksi melainkan hanya sebagai media reaksi saja dan akan tetap terbentuk kembali pada akhir reaksi.

3. PENGARUH KATALIS TERHADAP LAJU REAKSI

Katalis dapat digunakan untuk meningkatkan laju reaksi karena zat tersebut dapat menurunkan energi aktivasi. Katalis dapat menurunkan energi aktivasi sistem tetapi tidak mengubah energi asli dari suatu reaktan atau produk. Karena itu reaksi dapat berlangsung meskipun energi asli suatu reaktan tidak melampaui energi aktivasinya.. Reaksi dapat berlangsung karena energi aktivasi turun akibat penambahan katalis sehingga reaksi asli reaktan lebih besar daripada energi aktivasi.

Dengan kata lain, pengaruh katalis terhadap laju reaksi terletak pada pernnya dalam mengurangi energi aktivasi. katalis dapat memperkecil energi aktivasi sehingga banyak partikel yang memiliki energi kinetik lebih besar dari pada energi aktivasi dan reaksipun berlangsung lebih cepat

Berikut grafik perbandingan antara reaksi yang menggunakan katalis dengan yang tidak menggunakan katalis : 



Katalis memiliki beberapa sifat :

1. Katalis tidak bereaksi secara permanen
2. Jumlah katalis yang diperlukan dalam reaksi sangat sedikit
3. Katalis tidak mempengaruhi hasil reaksi
4. Katalis hanya bekerja efektif pada suhu optimum artinya d atas atau di bawah suhu tersebut kerja 
    katalis berkurang
5. Katalis tidak memulai suatu reaksi, tetapi hanya mempengaruhi lajunya
6. Katalis dalam senyawa organisk disebut enzim

Dibawah ini video percobaan pengaruh katalis terhadap laju reaksi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar