Blogger Pages

Jumat, 31 Maret 2017

PENGARUH SUHU TERHADAP LAJU REAKSI


PENGARUH SUHU TERHADAP LAJU REAKSI

Berdasarkan konsep termokimia, reaksi kimia dapat dibedakan menjadi reaksi eksoterm dan reaksi endoterm. Reaksi eksoterm melepaskan kalor sedangkan reaksi endoterm menyerap kalor. Kalor erat kaitannya dengan suhu. Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa kenaikan suhu akan meningkatkan laju reaksi.
Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana perubahan suhu dapat mempengaruhi laju reaksi dan apa hubungannya dengan energi aktivasi.

1. ENERGI AKTIVASI

Syarat agar suatu reaksi dapat berlangsung adalah adanya proses tumbukkan antara zat-zat pereaksi. Interaksi antar  zat-zat pereaksi membutuhkan energi. Energi tumbukkan minimum yang dibutuhkan dalam suatu sistem agar suatu reaksi dapat berlangsung di sebut energi aktivasi.

Jadi, energi aktivasi adalah energi minimum yang diperlukan agar zat-zat pereaksi dapat berinteraksi dan bercampur. Ketika energi kinetik partikel tidak melampaui energi aktivasinya, maka reaksi tidak akan berlangsung. Oleh karena itu reaksi akan berlangsung jika energi kinetik partikel melebihi energi aktivasinya atau setidaknya memiliki energi kinetik yang sama besar dengan energi aktivasinya.

2. PENGARUH SUHU TERHADAP LAJU REAKSI

Pada saat memasak di dapur, agar masakan cepat matang kita biasanya akan memperbesar api. Tindakan tersebut bertujuan untuk menaikkan suhu agar reaksinya berlangsung cepat. Artinya menaikkan suhu akan memperbesar laju reaksi.

Ketika suhu dinaikkan, energi kinetik partikel akan meningkat sehingga dapat melebihi energi aktivasi. Seperti yang telah dibahas di atas, reaksi akan berlangsung jika energi kinetik partikel zat pereaksi melebihi energi aktivasinya.

Pada umumnya, setiap kenaikan suhu sebesar 10 oC, reaksi akan berlangsung dua kali lebih cepat. Dengan demikian, apabila laju reaksi awalnya diketahui, kita dapat memperkirakan besarnya laju reaksi berdasarkan kenaikan suhunya.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan video percobaan berikut :



Berdasarkan video tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi suhu maka laju reaksi akan semakin cepat.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar